:::: MENU ::::

Lazada Penipu? Bagaimana Pengalaman Anda?

Lazada penipu? Sebelum kita menuduh, berasumsi atau membuat opini ada baiknya kita teliti dulu apakah lazada itu dan bagaimana pengalaman Anda ketika belanja online di Lazada Indonesia. Karena tidak baik membuat kesimpulan bahwa lazada penipu tanpa adanya data dan fakta menurut pengalaman kita sebagai buyer atau seller toko online asing tersebut.

lazada penipu

Apakah Lazada Penipu?

Yang harus kita ketahui sebelumnya Lazada adalah toko online asing dari negara lain, salah satu toko online terbesar yang berupa marketplace. Nah, apa marketplace itu?

Marketplace adalah penyedia jasa penjualan online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan (dalam hal ini adalah Lazada). Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual. – Sumber wikipedia

Dari pengertian diatas, Lazada memang sebuah marketplace yang tidak menjual poduknya sendiri, melainkan terdapat banyak seller atau penjual yang ikut mempromosikan produknya disana. Untuk menjadi seller di Lazada tidaklah mudah dan cukup ruwet, banyak persyaratan yg harus terlebih dahulu dipenuhi. Deposit dana 500.000, NPWP, Identitas KTP, Produk harus original, dll. Apabila ada penjualan, uang hasil penjualan Anda akan dipotong. Persyaran yang cukup rumit di lazada ini bagi pedagang online yang memulai usaha tidak akan Anda temui di marketplace karya anak Bangsa Indonesia seperti Bukalapak.com dan tokopedia.com. kedua marketplace karya anak bangsa tersebut memberikan persyaratan yang sangat mudah bagi seller atau penjual.

Jujur saja, saya sebagai seller di Lazada sangat kecewa, setelah persyaratan yang ruwet tersebut saya penuhi. Dan akhirnya saya menutup akun lazada yang pernah saya buat dan Saya Tidak Akan Berjualan Lagi Di Lazada. Alasannya adalah, tidak ada perlindungan bagi seller yang benar-benar jujur dan tunduk pada aturan Lazada yang mereka buat sendiri dan mereka langgar sendiri. Entah apakah ini Penipuan Lazada atau bukan, yang jelas saya kecewa.

Aturan yang mereka langgar adalah produk yang dijual harus original dan tidak boleh menjual produk KW / Replika, tapi kenyataannya di Lazada  banyak yang jual produk KW / Replika. Sebelumnya saya menjual produk jam tangan dengan di lazada, namun setelah beberapa lama bermunculan produk KW / replika yang tentu saja harganya jauh lebih murah jika dibandikan dengan harga produk original. Dan saya biarkan saja uang deposit saya hilang, karena saya sudah yakin tidak akan direspon, setelah berkali-kali menerima jawaban yang tidak bertanggung jawab dari pihak lazada.

Kalau dari kasus ini pihak lazada adalah penipu, bJadi bagaimana pengalaman Anda baik sebagai penjual atau pembeli mengenai marketplace ini, Lazada Penipu atau bukan?


So, what do you think ?